Pahalanya Seperti Haji Bersama Nabi

Minat umat muslim untuk melaksanakan puasa Ramadan di Tanah Suci sangat tinggi. Tidak terkecuali dengan warga muslim dari Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Mereka berkeinginan untuk melakukan umrah di bulan Ramadan. Kami, Nettour Batam menawarkan paket ibadah umrah khusus bulan Ramadan.

Pada Ramadan beberapa tahun lalu, trip pertama sudah diberangkatkan 25 peserta pada tanggal 25 Juli 2011. Sedangkan pertengahan Ramadan, 50 peserta juga diberangkatkan pada Rabu 27 Juli 2011.

Dan trip ketiga, umrah malam Lailatul Qadar diberangkatkan pada tanggal 17 Agustus 2011 lalu dengan jemaah lebih dari 200 orang.

Setiap Ramadan, umat muslim di seluruh dunia ingin melakukan puasa di Tanah Suci. Oleh sebab itu, banyak jemaah yang ingin berangkat ke sana.

Banyak keutamaan dan manfaat yang bisa diperoleh selama menunaikan umrah bulan Ramadan. 

Warga muslim yang berangkat umrah saat Ramadan, maka pahalanya sama seperti melakukan ibadah haji bersama nabi.

Hal itu seperti yang dijelaskan dalam hadis nabi yang sanadnya shahih. Sehingga hal ini menjadi motivasi tersendiri.

Umrah di saat Ramadan sangat diminati masyarakat. Jumlah jemaah terus meningkat dibandingkan umrah di luar bulan Ramadan.

Warga muslim dari Tanah Air, setiap tahun diperkirakan lebih dari 30.000 orang yang berangkat ke Tanah Suci di bulan tersebut.

Pelaksanaan umrah awal Ramadan berbeda dengan umrah menjelang akhir Ramadan. Jika melakukan umrah pada waktu awal Ramadan, salat Tarawih hanya dilakukan satu kali selepas salat Isya yang kemudian dilanjutkan dengan salat Witir berjemaah.

Sedangkan kegiatan ibadah umrah pada sepuluh hari terakhir, jemaah dari Tanah Air akan menghadapi salat Tarawih yang terjadi dua kali.

Satu kali selepas salat Isya berjemaah dan salat Witirnya ditunda selama beberapa waktu, biasanya lebih dari satu jam.

Selajutnya jemaah kembali ke hotel. Selepas satu jam istirahat mereka kembali lagi ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi.

Mereka dianjurkan untuk melaksanakan salat Tarawih kedua sampai waktu salat Tahajud (qiyamul lail) dilakukan.

Kemudian menjelang sepuluh hari terakhir, prosesi berdiam diri (itikaf) juga dikerjakan di masjid.

Biasanya pada sepuluh hari terakhir, umat muslim dari seluruh dunia akan membanjiri dua kota ini, Makkah al Mukaramah dan Madinah al Munawarah.

Menurut sabda Nabi Muhammad, umrah di luar Ramadan bisa menghapus dosa. Sedangkan umrah Ramadan juga menghapus dosa dan pahalanya sama dengan melakukan haji bersama Nabi Muhammad.

Ramadan di Tanah Suci, diyakini umat muslim bisa lebih khusyuk dalam melakukan peribadatan. Tidak sedikit jemaah yang memilih umrah di bulan yang penuh rahmat dan ampunan itu.

Setiap tahun, lebih dari 500 jemaah dari seluruh Indonesia mengikuti paket umrah Ramadan melalui Nettour Batam.

Keistimewaan Umrah Ramadan

Mengapa warga muslim berlomba-lomba ingin melakukan ibadah umrah di bulan Ramadan? Menurut pembimbing haji dan umrah ustaz KH Ahmad Fanani, dijelaskan, hal itu memiliki keutamaan yang luar biasa.

Selain menghapus dosa-dosa, ibadah umrah Ramadan memiliki pahala yang sangat besar dibandingkan bulan lainnya.

Saking besarnya pahala umrah di bulan itu, maka disamakan dengan pahala dengan melakukan ibadah haji.

Selain itu, suasana ruhani di Tanah Suci selama Ramadan sangat kental dan terasa. Mereka bisa melakukan umrah, puasa, tarawih, tadarus, thawaf, dan ibadah-ibadah lainnya. Sehingga ibadahnya terasa lebih syahdu, nikmat, dan khusyuk.

“Kalau berangkat haji belum cukup uangnya ya umrah dulu, sebab umrah Ramadan itu pahalanya sama seperti berhaji dengan Rasulullah,” ujar KH Ahmad Fanani beberapa waktu lalu. (Candra P. Pusponegoro)

Related

Umrah Plus 8286938845274789366

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item