Diskusi Ibadah Haji Di Arafah

Diskusi Ibadah Haji Arafah November 2013
Kementerian Agama resmi menutup pelaksanaan ibadah haji 1434 H/2013 M. Pada kesempatan yang sama, Menteri Agama Suryadharma Ali memberikan catatan untuk pelaksanaan haji 2014.

"Untuk penerbangan, Ditjen Haji dan Umrah bisa memikirkan untuk 2014 menggunakan Airbus 330 yang memiliki kapasitas 800 orang," kata Suryadharma saat menyambut kedatangan jamaah haji kloter terakhir Jakarta di Halim Perdanakusuma, Senin (18/11/2013).

Politisi PPP ini menilai, dengan menggunakan pesawat tersebut jumlah jamaah yang diangkut bisa lebih banyak.

"Karena saya memonitor jamaah haji, begitu selesai pelaksanaan ibadah haji mereka merasa bosan di sana, rindu Tanah air, rindu dengan anak, oleh karenanya ini bisa mempersingkat masa tinggal. Jika rata-rata 40-41 hari, bisa dipersingkat menjadi 30-35 hari," tuturnya.

Meski demikian, penggunaan pesawat berbadan besar itu harus memperhatikan dua sisi, yakni kesiapan maskapai penerbangan dan kesiapan bandara.

"Mulai dari peralatan dan sebagainya juga harus diperhatikan. Jika tahun depan belum siap, setidaknya terus didorong kepada maskapai penerbangan biar siap dan bandara siap dilandasi," tambahnya.

Kedua, berkaitan dengan keamanan yang dinilai cukup meresahkan jamaah. "Ini akan dibicarakan secara khusus, masalah keamanan sangat penting karena dimunculkan oleh saudara kita sendiri," tuturnya.

Dari sisi makanan, tahun depan harus bisa ditingkatkan, termasuk pengawasannya.

Keempat, berkaitan visa umrah. Penggunaan visa umrah sering disalahgunakan oleh travel haji dan umrah.

"Kita akan membuat aturan baru dan memperketat pengawasan visa umrah. Penyelenggara umrah harus bisa memastikan jamaah yang berangkat 100 orang dan pulang pun harus 100 jamaah, karena kebanyakan jamaah yang datang tidak sesuai, sehingga tidak ada warga negara yang over stay di tanah suci," paparnya. (okezone/ahm)

Related

Haji 5257157005167867248

Posting Komentar

emo-but-icon

Hot in week

Recent

Comments

item